Senin, DPD I PARTAI GOLKAR PROVINSI JAWA TENGAH
Senin 18 December 2017
DPD I Partai Golkar

Provinsi Jawa Tengah

Ke atas
Ke atas

Pemkab Serius Tanggapi Isu Tenaga Asing

10 Jan 2017
Radarjogja

Pemkab Gunungkidul serius menanggapi isu membanjirnya tenaga asing ke sejumlah provinsi. Respons yang akan dilakukan orang nomor satu di Gunungkidul adalah memproteksi perkembangan destinasi wisata. Ia melihat, dalam beberapa tahun terakhir diserbu pengunjung.

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan,  secara intensif memonitor perkembangan isu “banjir” tenaga asing ke tanah air. Secara prinsip, kehadiran tenaga asing  asalkan mematuhi aturan main tak jadi persoalan.

“Secara pemerintahan, kami akan pelajari dan diskusikan kemungkinan yang terjadi dengan sekda, asek, dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait,” papar Badingah, Minggu (8/1).

Anggota DPRD Gunungkidul Heri Nugroho berpendapat, keberadaan tenaga maupun investor asing bukan untuk dihindari. Namun, ia memiliki persyaratan yang wajib dipenuhi.

“Sepanjang tenaga kerja lokal dan masyarakat sekitar diberdayakan tidak masalah. Yakni, pekerja asing yang memiliki keahlian, bukan pekerja kasar,” tegas Heri.

Politisi Golkar itu kembali menekankan, pekerja asing bukan tenaga kasar. Pekerja asing adalah mereka yang benar-benar memiliki kehalian sesuai bidang masing-masing. Jika tenaga asing datang hanya berbekal otot, bukan otak, Heri keberatan.

“Kalau mereka (tenaga asing) tidak memiliki keahlian, tidak boleh mereka bekerja di Indonesia, terutama di Gunungkidul,” ucap anggota Komisi D ini.

Terkait isu maraknya investor asing di Gunungkidul, Heri tidak menampik. Dari informasi yang masuk, pekerja asing mulai melakukan investasi di pesisir Pantai Selatan.

“Pihak asing membeli beberapa tanah pesisir pantai. Ini masih sebatas isu dan kami belum melakukan kroscek lapangan,” katanya.

Di bagian lain, isu maraknya investor asing hingga pekan ini (8/1) belum bisa dipastikan kebenarannya. Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (KPMPT) belum bisa dikonfirmasi. Sebelumnya, Kepala KPMPT Aziz Saleh memastikan, khusus pekerja asing di wilayahnya tidak ada.

Sumber

0 Komentar

Berita Terbaru Lainnya